Thepotomoto Photography

Tahap-Tahap Pernikahan

Setiap momen pernikahan pasti memiliki berbagai upacara atau lagkah yang jelas. Dalam kebiasaan di lingkungan Anda mungkin pernikahan memang terlihat simpel. Namun dibalik itu semua, terdapat Persiapan Pernikahan yang panjang. Matangnya proses pernikahan, bisa dimulai dengan merencanakan segala sesuatunya terlebih dahulu. Anda pasti mengenal bagaimana sakralnya momen pernikahan. Bukan hanya menyatukan ikatan kedua belah mempelai, namun bagaimana proses tersebut dihadiri dan dinikmati oleh seluruh keluarga serta para tamu undangan.

Jika anda mengenal istilah WO atau wedding organizer, mereka adalah panitia yang bersiap mengatur jalannya prosesi pernikahan. Namun, Anda sendiri bisa melakukan prosesi tersebut sendiri.

Tahap dalam Persiapan Pernikahan

Menikah menjadi impian banyak orang. Sebelumnya, ada beberapa proses dalam Persiapan Pernikahan yang patut dijalani oleh kedua mempelai. Anda bisa menggunakan proses ini untuk menyiapkan acara secara matang. Usahakanlah agar tidak ada detail yang terlewat, dan harus twtap menyesuaikan dengan budget Anda.

Thepotomoto Photography

Berikut adalah tahap menjelang 3 bulan menuju acara pernikahan :

  • Anda harus menentukan tema untuk pernikahan anda. Apakah tema modern, tradisional, atau kontemporer. Ini yang menjadi dasar dalam mempersiapkan budget pernikahan. Banyak tema – tema baru yang bisa dipilih oleh kedua mempelai, kebanyakan dari tema ini memanfaatkan budget seminim mungkin, karena melihat bahwa upacara pernikahan harus dihadiri oleh banyak kerabat dekat.
  • Gunakan waktu dalam Persiapan Pernikahan sebagai ajang pertemuan antara kedua pihak keluarga, untuk disusun sebagai susunan panitia. Bagi tugas antara satu sama lain, sehingga tidak ada miss communication antara kedua belah pihak.
  • Anda sudah harus mulai menyesuaikan dan menentukan gedung untuk acara resepsi, termasuk di dalamnya yaitu berbagai dekorasi pada gedung tersebut, seperti bunga, aksesoris, janur, dan lainnya lagi. Pilihlah lokasi, dengan budget yang cukup, gedung yang nyaman dan bisa mengakomodasi jumlah para tamu undangan yang akan datang.
  • Susunlah daftar tamu undangan. Proses ini biasanya membutuhkan waktu lama, karena ada saja nama yang terlewat. Baik dari undangan mempelai pria ataupun mempelai wanita. Catat dengan baik siapa saja undangan anda dalam Persiapan Pernikahan
  • Kemudaian susunlah meeting dengan fotografer yang diinginkan. Foto menjadi bukti berharga dalam rangkaian upacara pernikahan. Pilih fotografer handal dan berpengalaman agar dapat menghasilkan foto yang sesuai.
  • Undangan menjadi salah satu hal yang patut untuk diperhatikan oleh calon pengantin. Buatlah undangan dengan desain menarik. Sebarkanlah undangan minimal satu minggu sebelum hari H, agar tamu bisa menyesuaikan waktunya.
  • Lengkapi daftar menu catering anda. Pilih menu yang cocok dalam Persiapan Pernikahan agar bisa dinikmati oleh seluruh tamu.

Sementara itu pada hari H, dan mendekati hari H Persiapan Pernikahan, ini adalah proses pentingnya :

  • Pengajian

Bisa dilakukan minimal 3 hari sebelum acara pernikahan. Dimana bertujuan agar upacara pernikahan dilancarkan dan diberkahi.

Thepotomoto Photography

  • Pingitan

Pada proses ini kedua mempelai tidak diperbolehkan untuk melihat / bertemu antara satu sama lain.

  • Proses Seserahan

Terjadi ketika calon pengantin pria sudah membawa aneka bingkisan untuk calon wanita.

Thepotomoto Photography

  • Ijab Kabul

Ini merupakan puncak dari rangkaian pernikahan, dimana kedua calon telah sah sebagai suami  dan istri.

Thepotomoto Photography

Itulah prosesi pernikahan dengan menggunakan Persiapan Pernikahan yang baik dan matang.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s