Thepotomoto Photography

Upacara Pernikahan 

Memiliki hari pernikahan yang berjalan lancar pasti menjadi keinginan setiap pasangan. Dengan mempersiapkannya dari jauh hari sebelum hari H, pasti pernikahan bisa sesuai dengan apa keinginan pasangan tersebut. Melakukan Persiapan Pernikahan dengan teliti, pasti juga mencakup bagaimana jalannya rangkaian dari acara tersebut. Indonesia kaya akan berbagai macam budaya, yang juga mempengaruhi bagaimana upacara pernikahan tersebut terlaksana. Beberapa unsur tradisional, masih tetap dipertahankan sebagai rangkaian dari upacara pernikahan. Sehingga, ada banyak pilihan tema pernikahan yang sesuai dengan adat Anda.

Upacara sakral ini pasti dipimpin oleh ahli. Mereka biasanya mengetahui bagaimana proses dari awal sampai akhir. Jangan sampai upacara tersebut memiliki kekurangan dalam berbagai aspek, Anda harus melakukan Persiapan Pernikahan secara matang.

Momen Upacara Setelah Persiapan Pernikahan

Anda beruntung ketika berniat melangsungkan pernikahan, dan memiliki konsep yang jelas dalam Persiapan Pernikahan. Apalagi jika menggunakan jasa WO atau pengatur pesta pernikahan. Namun, dengan mengetahui apa saja isi dari upacara pernikahan, anda bisa memiliki suatu acara yang berjalan lancar. Apa saja isi dari upacara tersebut?

Berikut merupakan beberapa upacara adat pernikahan :

  • Adat Jawa

Thepotomoto Photography

Dalam adat ini Anda pasti mengenal bagaimana kayanya rangkaian upacara pernikahan. Dimulai dari acara lamaran yang dilakukan sejak awal, pengantin pria membawa seserahan yaitu Jodang. Di dalamnya terdapat berbagai makanan tradisional, dan diserahkan kepada calon pengantin wanita. Lalu, dilanjutkan dengan penyerahan simbolis dari orang tua calon pengantin pria ke pengantin wanita. Dalam Persiapan Pernikahan adat ini, Anda bisa melihatcrangkaian proses yang cukup panjang. Dilanjutkan dengan upacara tarub, atau pemasangan janur kuning. Ada juga proses siraman dan midodareni sebelum melakasanakan acara pernikahan.

  • Adat Sunda

Thepotomoto Photography

Selain adat Jawa, ada pernikahan dengan tema lain, yaitu adat Sunda. Dengan adat Sunda, anda bisa melihat rangkaian upacara yang cukup sederhana. Masih dimulai dengan pengajian, lalu ke acara siraman, sungekaman, dan proses lainnya. Jika dalam adat sunda, keluarga besar pasti memiliki andil banyak dalam berjalannya acara pernikahan. Dalam upacaranya, terdapat proses Huap Lingklung, atau kegiatan dimana orang tua menyuapi anak nya untuk terakhir kali, sebagai symbol kasih sayang yang tiada henti.

  • Adat Batak

Thepotomoto Photography

Dimana ada prosesi khusus yaitu penyembelihan sapi, yang menyimbolkan kesiapan pengorbanan nyawa dari salah satu mempelai. Acara dalam adat batak memang cukup terlihat mewah, dengan adanya partisipasi dari seluruh anggota keluarga pastilah acara yang diadakan akan sangat ramai.

  • Adat Betawi

Thepotomoto Photography

Persiapan Pernikahan yang dilakukan pada adat ini pastilah memiliki tujuan yang baik untuk kedua mempelai. Dimulai oleh prosesi potong cantung, dan mengerik bulu kaling. Dimana uang logam diapit, lalu nanti digunting. Pada hari akad, perempuan memakai baju kurung, dan pria menggunakan jas rebet.

Persiapan Pernikahan diatas hanya merupakan bagian dari banyaknya adat dalam melaksanakan pesta pernikahan yang ada di indonesia. Nikmatilah hari tersebut sebagai hari terindah dalam hidup anda. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s