Pernikahan Internasional Adat Cina

Thepotomoto Photography

Bagi Fotografer Wedding, Pernikahan adat Cina merupakan objek foto yang menarik dengan ciri khas nuansa merah di setiap jepretan hasil foto. Untuk Anda yang masih memiliki keturunan dan ingin melaksanakan pernikahan adat Cina jangan khawatir karena prosesi pernikahan tidak serumit adat jawa meskipun  tetap terdapat ketentuan yang menjadi syarat pernikahan bagi beberapa suku. Saat ini pernikahan adat Cina kerap kali disederhanakan, namun Fotografer Wedding akan tetap mampu menampilkan keunikan prosesi yang dimilikinya.

Yang pertama adalah hantaran rantang bambu yang disusun bulat atau segi empat berisi barang hantaran yang dibawa oleh calon pengantin pria setelah proses lamaran diterima yaitu sekitar satu minggu sebelum pernikahan adat Cina. Fotografer Wedding akan memburu foto mulai dari tahap ini. Biasanya yang akan diambil gambarnya oleh Fotografer Wedding adalah foto calon pengantin beserta barang-barang hantaran seperti uang, perhiasan, kue, serta buah-buahan. Setelah hantaran diterima maka akan dibalas dengan hantaran pula. Dalam pernikahan adat Cina ritual ini disebut Sangjit, sedangkan dalam adat jawa atau sunda Anda mengenalnya sebagai serah-serahan. Tahapan pernikahan adat Cina selanjutnya adalah Sung Chia Cuang atau proses menata kamar di kediaman calon pengantin pria. Pada saat itu keluarga calon pengantin akan mempersiapkan ranjang baru untuk kamar pengantin dan menghiasnya dengan warna merah melambangkan kebahagiaan serta semangat hidup, itulah mengapa dalam pernikahan adat Cina selalu bernuansa merah. Selain itu orang tua kedua calon mempelai diharuskan menyalakan lilin perkawinan hingga 3 hari setelah pernikahan.

Thepotomoto Photography

Pernikahan adat Cina juga melaksanakan upacara siraman untuk mengusir pengaruh roh jahat dari calon pengantin. Setelah itu dilanjutkan dengan Chio thao atau tiga kali menyisir rambut pengantin oleh orang yang telah menikah dan memiliki keturunan. Tidak hanya itu, dalam pernikahan adat Cina calon pengantin juga harus memakan 12 sayur yang masing-masing mewakili bermacam rasa yang melambangkan suka duka pernikahan yang harus dinikmati. Kemudian di hari pernikahan biasanya Fotografer Wedding akan mengambil gambar calon pengantin wanita yang dijemput menuju rumah pengantin pria untuk melakukan sembahyang sam kay disaksikan orang-orang terdekat sebagai persyaratan sahnya pernikahan mereka secara adat dan kepercayaan, namun ada pula yang langsung bertemu di Gereja untuk melangsungkan upacara pernikahan. Ketika membahas pernikahan adat Cina, acara tea pay atau minum teh bersama untuk mengenalkan pengantin wanita serta penghormatan terhadap keluarga yang dilaksanakan di rumah pengantin pria tidak boleh terlupakan. Fotografer Wedding akan mengabadikan hangatnya kebersamaan yang dapat terlihat dari acara ini. Tea pay biasanya dilakukan sebelum upacara pernikahan adat Cina, tetapi jika dilaksanakan bersamaan dengan acara resepsi pun tidak masalah.

Thepotomoto Photography

Banyak sekali momen yang dapat dimanfaatkan Fotografer Wedding dari rangkaian panjang proses pernikahan adat Cina. Anda dapat memutuskan untuk memyederhanakan pernikahan adat Cina Anda menjadi satu hari atau melaksanakan keseluruhan upacara agar lebih merasakan kesakralannya, apapun pilihan Anda, Fotografer Wedding akan membuat saksi betapa indahnya pernikahan adat Cina dengan hasil fotonya nanti.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s