Persiapan Akad Nikah

Thepotomoto Photography

Inti dari sebuah pernikahan adalah ikrar untuk menjadi suami dan istri, oleh karena itu tidak hanya perencanaan pesta pernikahan yang harus dipersiapkan dengan matang namun juga persiapan akad nikah. Anda tidak perlu mengkhawatirkan dokumentasi acara karena biasanya fotografer wedding telah mengetahui detail akad nikah serta memperhitungkan momen apa saja yang akan fotografer wedding bingkai indah untuk di kenang, namun sebelum itu Anda harus melakukan persiapan akad nikah terkebih dahulu  seperti :

  1. Persiapkan Konsep

Persiapan akad nikah  bisa dimulai dari gambaran kasar konsep acara akad nikah. Diskusikan terlebih dahulu bersama pasangan Anda mengenai lokasi akad nikah, terutama bila tempat tinggal Anda dan pasangan berada cukup jauh. Apakah akan dilaksanakan di domisili Anda atau pasangan. Bila Anda sudah memilih jasa fotografer wedding, Anda juga bisa melibatkannya dengan meminta pendapat atau berdiskusi dengan fotografer wedding mengenai konsep persiapan akad nikah Anda.

  1. Persiapan Administrasi

Anda harus mengurus berkas-berkas terlebih dahulu agar pernikahan Anda bisa dinyatakan sah secara hukum dan agama. Selain itu Anda harus ingat bahwa bukan hanya Anda yang ingin mengurus berkas pernikahan ditambah bila Anda harus bolak-balik KUA, jadi persiapan akad nikah yang satu ini harus dilakukan dari jauh-jauh hari yaitu sekitar dua bulan sebelum akad nikah. Surat-surat yang Anda butuhkan untuk persiapan akad nikah di KUA adalah fotokopi KTP, KK, pas foto, materai, serta surat pengantar dari domisili tempat dilaksanakannya akad nikah.

  1. Mempersiapkan Mahar

Selanjutnya untuk persiapan akad nikah tentu harus ada Mahar yang bisa berupa perhiasan seperti cincin, gelang, kalung atau barang lain seperti seperangkat alat shalat, rumah, dll. Mahar tersebut disesuaikan dengan kemampuan calon pengantin laki-laki dan sudah didiskusikan terlebih dahulu dengan pasangan karena selain persiapan akad nikah masih ada acara lainnya yang membutuhkan banyak dana. Dokumentasi selama persiapan pernikahan termasuk dalam proses mencari mahar bersama pasangan juga merupakan hal yang penting sehingga sebagian orang akan meminta fotografer wedding untuk merekamnya. Namun jika Anda merasa belum membutuhkan fotografer wedding, hal tersebut dapat Anda lakukan sendiri.

Thepotomoto Photography

  1. Kesiapan Orang Yang Bersangkutan

Dalam persiapan akad nikah selain penghulu Anda juga harus mempersiapkan seorang wali (ayah kandung, saudara laki-laki, ataupun kakek), dua orang saksi pernikahan yaitu seorang dari pihak laki-laki dan seorang lagi dari pihak perempuan, dan Anda sendiri beserta pasangan sebagai pengantin alias tokoh utama dari persiapan akad nikah ini. Maka dari itu pastikan mereka bisa mengahadiri akad nikah dan persiapkanlah mental serta kondisi tubuh Anda menjelang dilaksanakannya akad nikah. Ketika akad nikah nanti tidak hanya fotografer wedding yang akan Anda butuhkan tetapi juga videografer pernikahan untuk melakukan hal yang tidak bisa dikerjakan oleh fotografer wedding Merekam detik-detik pembacaan janji pernikahan Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s