Tips Foto & Video Prewedding di Bali

Bali sebagai salah satu tujuan wisata internasional, telah dikenal sejak lama dengan keindahan alam dan eksotisme budayanya. Keindahan alam inilah yang menjadikan Bali menjadi tempat foto prewedding / video prewedding yang sangat menarik, tidak hanya bagi masyarakat Bali saja, bahkan hingga wisatawan mancanegara. Berikut beberapa tips bagi yang ingin melakukan foto prewedding / video prewedding di Bali.

www.thepotomoto.com

www.thepotomoto.com

www.thepotomoto.com
1. Perhatikan cuaca / musim
Walaupun beberapa tahun terakhir kondisi cuaca global berubah-ubah, namun secara umum cuaca di Bali  masih bisa diprediksi. Bulan november – februari umunya adalah musim hujan. Saran kami, hindari bulan ini untuk melakukan foto prewedding / video prewedding jika ingin mendapatkan foto dengan konsep cuaca cerah dan langit biru. Kalaupun memang harus melakukan sesi foto prewedding / video prewedding di bulan november – februari, selalu persiapkan kemungkinan terburuk apabila mendadak terjadi hujan. Misalnya sudah mempersiapkan konsep hujan-hujanan atau memperkuat konsep indoor. Seorang fotografer prewedding berpengalaman pasti sudah terbiasa menghadapi berbagai macam situasi. Daripada menyalahkan keadaan, lebih baik memanfaatkan keadaan. Dipuncak musim panas, sekitar Juli-Agustus, justru agak sulit untuk mendapatkan langit biru yang cerah. Panas menyebabkan uap air cenderung merata, ditambah debu2 yang naik. Akibatnya langit terlihat putih flat karena debu dan uap air yang mengambang di atmosfer ikut turun bersama hujan.

2. Pilih rute yang searah
Kadang ada klien yang masih bingung untuk tentukan lokasi foto prewedding / video prewedding. Bagi yang tinggal di Bali mungkin sudah pernah ke lokasi-lokasi yang diinginkan tetapi yang dari luar Bali umumnya bingung menentukan lokasi. Dari setiap rute yang searah bisa mendapatkan banyak spot foto prewedding / video prewedding juga. Bukan berarti harus selalu searah, tergantung juga keinginan klien tetapi pemilihan rute yang searah akan sangat menghemat waktu, biaya, dan terutama tenaga. Apabila Terlalu jauh, biasanya klien sudah capek duluan di jalan.

3. Persiapkan stamina
Ini berhubungan dengan point kedua diatas. Selain pemilihan rute yang searah, agar bisa hemat waktu dan tenaga,  yang terpenting adalah istirahat yang cukup pada malam sebelum foto prewedding / video prewedding dilakukan. Jika kalian banyak aktivitas atau kelelahan di hari – hari sebelumnhya mau make up atau edit seperti apa juga tetap aja ekspresinya terlihat tidak bagus untuk difoto. Masalah konsumsi di perjalanan juga penting untuk dibahas bersama fotografer prewedding. Misalnya tentang makanan yang boleh atau tidak boleh dimakan, suka atau tidak suka dimakan, ada sakit maag atau tidak, dll agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan selama sesi foto prewedding / video prewedding.
4. Charge Lokasi
Sudah rahasia umum kalau sejak foto prewedding / video prewedding menjadi trend di Bali, banyak pihak yang memanfaatkan situasi ini untuk mendapatkan keuntungan. Untuk lokasi-lokasi tertentu yang pungutannya resmi dan dipakai untuk memperindah dan membangun sarana-prasarana di lokasi tersebut. Namun banyak juga lokasi foto prewedding / video prewedding yang justru sebaliknya : kotor, berantakan, tidak terawat. Uang yang dibayarkan (secara paksa dan terpaksa) biasanya masuk ke kantong pribadi oknum tertentu. Tetapi tidak perlu khawatir masih banyak lokasi foto prewedding / video prewedding yang gratis dan menarik 🙂

5. Kualitas Foto & Video Prewedding
Harga untuk jasa fotografer prewedding dan charge lokasi foto prewedding / video prewedding tentunya menjadi masalah bagi sebagian pasangan. Pasangan dengan budget dana terbataspun berhak untuk punya foto prewedding / video prewedding yang menarik juga bukan? Baik untuk yang budget ketat maupun yang “agak longgar”, selalu cek dan re-check kualitas dan reputasi fotografer prewedding yang dipilih, kalian bisa cari – cari review vendor fotografer prewedding tersebut di beberapa forum prewedding. Agar tidak menyesal di kemudian hari. Pelajari sampel-sampel foto prewedding / video prewedding mereka dan pastikan bahwa style foto mereka memang sesuai dengan style kesukaan kalian atau tidak. Setiap fotografer prewedding memiliki style dan ciri khas tersendiri. Setiap klien juga memiliki selera yang berbeda-beda.

6. Prewedding tradisional Bali
Khusus untuk foto prewedding tradisional Bali, pilih kostum yang sesuai dengan adat keluarga atau daerah kalian. Setiap daerah memiliki adat yang berbeda-beda. Ada yang sebaiknya payas agung, ada yang boleh payas madya, dll. Demikian pula setiap pasangan mungkin punya selera masing-masing. Selain mencari fotografer prewedding yang style dan budgetnya sesuai dengan selera kalian, sebaiknya juga keliling mencari salon / make up artist yang koleksi baju dan makeupnya sesuai dengan selera anda karena untuk make up foto prewedding / video prewedding tradisional Bali pun berbeda dengan make up foto prewedding / video prewedding biasanya.

Sebagian fotografer prewedding biasanya kerjasama dengan beberapa salon juga. Tapi koleksi baju salon tersebut belum tentu sesuai dengan selera kalian. Makeup salon tersebut juga belum tentu sesuai selera kalian, agar tidak terjadi miskomunikasi ilahkan diskusikan juga hal ini dengan fotografer prewedding pilihan kalian.

7. Pewedding cinematic video
Sejak beberapa tahun terakhir, trend foto prewedding / video prewedding marak di Bali. Bahkan bagi masyarakat Bali sendiri bisa dibilang nyaris menjadi budaya. Seolah kalau ada upacara pawiwahan atau resepsi pernikahan tanpa memajang foto prewedding serasa ada yang kurang. Namun setahun terakhir ini, video prewedding clip mulai menjadi trend di Bali. Selain diputar pada saat pawiwahan atau resepsi pernikahan, video prewedding ini juga biasanya dishare melalui jaringan sosial ke teman-teman mereka. Berikut adalah beberapa contoh untuk prewedding cinematic video yang bisa kalian lihat disini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s